Selasa, 18 Agustus 2009

HUMAS USULKAN INTERNET GRATIS DI LAPANGAN ANDI MAKASSAU


PAREPARE – Satu lagi terobosan berarti dilakukan Pemerintah Kota Parepare. Sebuah layanan hotspot gratis (akses internet tanpa kabel) dalam waktu dekat bakal dinikmati masyarakat Parepare. Tak tanggung-tanggung, hotspot yang direncanakan ditempatkan di Lapangan Andi Makassau Parepare ini akan menggunakan program speedy tertinggi. Dengan demikian, masyarakat dapat ‘ber-internet ria’ tanpa perlu terganggu oleh akes internet yang lambat.

Kabag Humas Sekretariat Daerah Kota Parepare, Iwan Asaad, AP, M.Si menegaskan, program ini merupakan komitmen Walikota Parepare untuk memberikan kemudahan akses internet kepada warga di daerah ini. Pihaknya kata dia, telah mengusulkannya sebagai salah satu kegiatan dalam APBD perubahan Kota Parepare tahun 2009.

Hotspot tersebut kata Iwan, akan dilengkapi antena berkekuatan besar dengan radius jangkauan 500 hingga 800 meter, serta tanpa password. Iwan berharap, program ini dapat dinikmati oleh masyarakat secara luas, dan akan semakin meningkatkan melek teknologi informasi kepada masyarakat Parepare. Dengan adanya hotspot ini, masyarakat dapat mengakses internet secara gratis tanpa perlu memikirkan biaya internet lagi.

Sementara penempatannya di lapangan Andi Makassau kata Iwan, dimaksudkan agar masyarakat dapat mengakses internet dalam kondisi lebih santai dan lebih fresh. Keberadaan hospot gratis tersebut juga akan semakin membantu anak-anak sekolah di daerah ini dalam mengakses internet guna kebutuhan proses belajar mengajar mereka.

Di tempat terpisah, sejumlah wartawan menyatakan sangat mendukung rencana penempatan hospot gratis di Lapangan Andi Makkasau tersebut. “Saya pikir ini sebuah terobosan besar dan langkah maju yang dilakukan Pemerintah Kota Parepare. Ini juga bentuk kepedulian pemerintah daerah terhadap perkembangan dunia internet. Apalagi, saat ini kebutuhan akan informasi melalui internet dari masyarakat cukup besar sehingga memang perlu ada antisipasi. Salah satunya adalah melalui pengadaan hotspot gratis seperti ini,” kata Handy Hidayat, wartawan radio FM Mesra Parepare.

Sebelumnya, sejumlah hotspot gratis yang diselenggarakan pihak swasta, seperti di Kafe Karlos, Kafe Luky, Satria Wisata, serta kafe Transit yang ada di Jalan Sultan Hasanuddin, telah hadir lebih dahulu di Kota Parepare. Banyaknya perangkat yang telah dilengkapi dengan teknologi wireless yang lagi trend penggunaannya saat ini telah mendorong sejumlah pengelola kafe menyediakan layanan akses internet dengan teknologi wireless. Umumnya fasilitas hotspot tersebut disediakan terkait dengan kepentingan usaha mereka, seperti persentase atas pembelian makanan, atau voucher belanja.

Tidak ada komentar: