Senin, 31 Agustus 2009

BANTU PEMBANGUNAN MASJID, PEMDA KUCURKAN RATUSAN JUTA RUPIAH


PAREPARE - Setidaknya 116 buah masjid dalam wilayah Kota Parepare dalam waktu dekat akan memperoleh bantuan pembangunan dari Pemerintah Kota Parepare. Bantuan ini rencanannya akan diserahkan secara simbolis oleh Walikota Parepare, H. Mohammad Zain Katoe bertepatan dengan pencanangan kegiatan Safari Ramadhan 1430 Hijriah tahun 2009 di Masjid Agung Parepare, 6 September 2009.

Kabag Humas Sekretariat Daerah Kota Parepare, Iwan Asaad, AP, M.Si, Kamis (31/8) mengatakan, besar bantuan setiap masjid jumlahnya bervariasi. Untuk Majid Agung yang jumlahnya satu buah, pemerintah daerah memberikan bantuan sebesar Rp. 2.500.000. Selanjutnya masjid besar yang jumlahnya tiga buah, besar bantuan yang diberikan masing-masing Rp. 2 juta.

Selebihnya, yakni masjid jami yang berjumlah 22 buah, pemerintah daerah memberikan bantuan pembangunan sebesar Rp. 1,5 juta untuk setiap masjid. Sementara untuk masjid biasa yang jumlahnya mencapai 88 buah pemerintah kota memberikan bantuan sebesar Rp. 1 juta. “Dengan demikian, total bantuan pembangunan yang diberikan pemerintah daerah untuk pembangunan masjid jami adalah Rp. 33 juta, dan Rp. 88 juta untuk masjid besar,” papar Iwan.

Selain bantuan pembangunan masjid, selama bulan suci Ramadhan tahun ini, pemerintah daerah, terang Iwan, juga memberikan bantuan dan insentif kepada 86 lembaga TKA/TPA, 323 orang guru mengaji tradisional , dan 114 orang imam termasuk penceramah di Barugae (Rumah Jabatan Walikota Parepare) serta 114 pegawai syara.

Tak hanya imam masjid dan pegawai syara, masih dalam rangkaian Ramadhan, Pemerintah Kota Parepare juga berencana mengalokasikan dana intensif untuk para Ustadz dan Ustadzah yang berjumlah 500 orang. Bantuan yang sama juga diberikan kepada lima buah panti asuhan, dan para pengelolahnya yang meliputi 66 orang pengasuh panti asuhan dan 257 anak panti.

Pada kesempatan tersebut, Iwan juga memaparkan schedule safari Ramadhan Pemerintah Kota Parepare tahun 2009. Usai pencanangan tanggal 6 September 2009 di Majid Agung Parepare kata Iwan, Walikota Parepare, H. Mohammad Zain Katoe secara beruntun dijadwalkan akan mengadakan safari Ramadhan di empat kecamatan yang ada, yakni Kecamatan Soreang pada tanggal 7 September, Kecamatan Ujung tanggal 8 September , Kecamatan Bacukiki Barat tanggal 9 September serta tanggal 10 September di Kecamatan Bacukiki.

Tidak ada komentar: