Senin, 06 April 2009

PEMKOT AKAN GELAR APEL SIAGA PENGAMANAN PEMILU


PAREPARE – Mengantisipasi kemungkinan munculnya kerawanan selama pelaksanaan Pemilu tanggal 9 April 2009, Selasa (7/4) Pemerintah Kota Parepare akan mengadakan apel siaga pengamanan Pemilu. Kegiatan yang akan melibatkan beberapa unsur pengamanan seperti Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP), tenaga Satpam, tenaga medis, serta unsur pengamanan lainnya tersebut, juga akan dihadiri unsur Muspida Kota Parepare.

Kepastian penyelenggaraan kegiatan apal siaga yang akan berlangsung Selasa (7/4) di Halaman Kantor Walikota Parepare ini, disampaikan Kabag Humas Sekretariat Daerah Kota Parepare, Iwan Asaad, AP, M.Si, Senin (6/4). Dikatakan, Walikota Parepare, H. Mohammad Zain Katoe dijadwalkan bertindak sebagai inspektur upacara.

Sementara itu, mengantisipasi kemungkinan perhitungan suara di TPS berlangsung hingga malam hari, saat memimpin rapat Muspida di Rumah Jabatan Walikota Parepare, Minggu (5/4), Walikota Parepare, H. Mohammad Zain Katoe meminta semua pihak terkait segera mengantisipasi ketersediaan tenaga listik.

Usai menjamu pimpinan Parpol, KPU dan Panwaslu, Zain Katoe mengatakan, aliran listrik yang padam pada hari penconterangan dapat jalannya menganggu perhitungan suara. Selain persoalan listrik, masalah lain yang dibahas pada Rapat Muspida tersebut adalah masalah keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas) selama penyelenggaraan Pemilu tahun 2009.

Untuk menciptakan suasana Kamtibamas yang kondusif kata Zain Katoe, diperlukan pengamanan yang memadai tidak saja dari aparat keamanan, tetapi juga pengamanan dari masyarakat sendiri. Untuk itu, pada acara yang juga dihadiri Wakil Walikota Parepare, Ketua Pengadilan Negeri Kota Parepare, serta Sekretaris Daerah Kota Parepare tersebut, Zain Katoe menghimbau kepada seluruh pimpinan unit kerja, baik sipil maupun militer agar kembali mengaktifkan pengamanan swadaya di kantor masing-masing. “Bila perlu dibuat Posko di kantor masing-masing,” katanya.

Tindakan preventif ini dimaksudkan menjaga kemungkinan adanya kegiatan pihak-pihak tertentu yang berniat mengacaukan pelaksanaan Pemilu tanggal 9 April mendatang. Diinformasikan pula, pada hari pencontrengan nanti Muspida Kota Parepare akan dibagi dalam tiga tim sesuai jumlah Daerah Pemilihan (Dapil). Mereka akan melakukan pemantauan di beberapa TPS yang telah ditentukan. Anggota Muspida tersebut akan ber-Posko di Rumah Jabatan Walikota Parepare.

Tidak ada komentar: