Jumat, 27 Maret 2009

Bank Dunia Tetapkan Parepare Sebagai Pilot Project Perda Online


Dinilai berhasil bekerjasama dalam berbagai program Bank Dunia, Kota Parepare ditetapkan sebagai pilot project implementasi pusat informasi Perda secara online. Kepastian penetapan Kota Parepare sebagai satu-satunya kota di Indonesia yang mendapat kepercayaan dari Bank Dunia, ditegaskan Kabag Humas Sekretariat Daerah Kota Parepare, Iwan Asaad, AP, M.Si di ruang kerjanya, Senin 15 September 2008.
Menurut Iwan Asaad, program Perda online merupakan kerjasama Justice for poor-YIPD-ADKASI dengan Direktur Hukum dan HAM, Bappenas dan Kantor Decentralization Support Facility (DSF). Lahirnya program tersebut disemangati tingginya kebutuhan keterbukaan dan kemudahan memperoleh informasi hukum daerah. “Hal inilah menjadi bahan pertemuan di Hotel Cemara Jakarta selama dua hari (10-12 September 2008). Tujuannya adalah mendorong pelaksanaan prinsip transparansi bidang hukum perundang-undangan daerah, serta mendorong pelayanan publik yang lebih baik di bidang informasi publik,” ujarnya.Terpilihnya Parepare lanjut Iwan Asaad, karena Pemerintah Kota Parepare dinilai memiliki komitmen yang kuat terhadap penyelenggaraan good governance dalam item transparansi.
Melihat berbagai langkah dan kebijakan transpransi publik selama ini, Bank Dunia menilai Parepare tepat menjadi proyek percontohan dalam pemberian kemudahan dan akses yang luas kepada masyarakat bagi Perda-Perda yang dikeluarkan pemerintah kota secara online.
(Sumber : http://www.pareparekota.go.id) dan http://www.usdrp-indonesia.org/lihatwarta.php?sidemenu=1&id=130

Tidak ada komentar: